Home Top Ad

Cara Daftar Google Search Console

Cara Daftar Google Search Console

Pengetahuan SEOGoogle Search Console ialah alat yang disiapkan dengan gratis oleh Google untuk menolong pemilik web mengidentifikasi perform web mereka di ranah organik. 

Di artikel ini Anda akan belajar mengenai apakah itu Google Search Console, manfaatnya , cara menggunakan nya terhadap website / situs kita. 

Apa Itu Google Search Console

Google Search Console (awalnya diketahui jadi Google Webmaster Alat) ialah basis gratis buat beberapa pemilik web untuk memantau bagaimana kapasitas web di ranah organik Google. Google Search Console sangat mungkin Anda untuk tahu domain yang memberi link ke web Anda (referring domain), kapasitas web di piranti mobile, sampai analisa halaman web dengan lalu lintas paling tinggi. 

Manfaat Google Search Console

Banyak manfaat yang akan Anda temukan dari memakai Google Search Console. Anda dapat lakukan perbaikan-perbaikan di web Anda berdasar analisa dari Google Search Console. Berikut manfaat-manfaat yang Anda dapatkan dari Google Search Console: 

1. Dapatkan Kata kunci (keyword) Terkenal untuk Bisnis Anda 

Pengunjung temukan web Anda lewat berbagai macam keyword. Google Search Console menolong Anda untuk temukan keyword yang banyak dipakai orang untuk temukan web Anda. 

Tools ini akan memberikan info tentang keseluruhan timbulnya web Anda pada hasil penelusuran untuk keyword tersendiri (impression) serta berapakah kali web Anda di-click hasil dari penelusuran itu (klik through rate). Dengan demikian Anda dapat tahu mana keyword yang paling efisien serta kurang efisien untuk SEO web Anda. 

2. Identifikasi Halaman Paling Terkenal 

Tiap web mempunyai halaman yang lebih terkenal dari halaman yang lain pada hasil penelusuran. Google Search Console akan menolong Anda untuk mengidentifikasi halaman web mana yang terbanyak datangkan pengunjung. Anda dapat mengurutkan halaman web berdasar impression atau klik through rate (CTR). 

3. Mengetahui Berasal Darimana Datangnya Pengunjung 

Google Search Console sangat mungkin Anda untuk mengidentifikasi darimanakah datangnya pengunjung web Anda. Feature ini akan menolong Anda untuk mengerti demografi prospek konsumen setia hingga Anda dapat mencapai sasaran audience yang pas. 

4. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung 

Tidak hanya memperoleh info tempat, Anda dapat juga mendapatkan data piranti apa yang dipakai pengunjung web Anda. Google Search Console akan menolong Anda untuk tahu bagaimana pengunjung berhubungan dengan web Anda, apa umumnya memakai piranti desktop atau piranti mobile. 

5. Check Kompatibilitas di Perangkat Mobile 

Anda bisa memeriksa apa web Anda telah dibuka di piranti mobile dengan membukanya di smartphone Anda sendiri. Sayangnya cara itu kurang tepat sebab Anda cuma memakai penilaian subjektif Anda sendiri. Anda dapat mengecek kapasitas web Anda di piranti mobile memakai pertolongan Google Search Console. 

Google Search Console sediakan feature Mobile Usability yang menolong Anda untuk memeriksa kompatibilitas web di piranti mobile. Diluar itu, Google Search Console akan memberi referensi berkaitan beberapa langkah yang butuh dikerjakan untuk tingkatkan kapasitas web di piranti mobile. 

6. Mencari Tahu Backlink ke Web Anda 

Backlink salah satu tanda penting dalam memastikan rangking web pada hasil penelusuran. Buat siapa juga yang menekuni di ranah SEO, feature satu ini cukup penting untuk Anda tahu, yakni Links to Your Site. 

Feature itu akan menolong Anda untuk mengidentifikasi web yang memberi back-link ke web Anda. Google Search Console sediakan info halaman mana yang terbanyak memperoleh backlink dan anchor teks apa yang seringkali dipakai. 

Jika anda belum mengetahui tentang penjelasan Backlink silahkan baca disini "Backlink Adalah? Seberapa Penting Backlink Untuk SEO?"

7. Check Broken Link 

Tidak hanya identifikasi back-link, Anda dapat mengecek broken link atau link yang rusak di web Anda lewat Google Search Console. Peninjauan broken link penting dikerjakan supaya Anda dapat melakukan perbaikan kualitas pengalaman pengunjung di web Anda.

Jadi Anda langsung bisa melakukan perbaikan tautan-tautan yang rusak hingga pengunjung tidak ditempatkan ke halaman yang salah ataukah tidak ada.

8. Periksa Permasalahan Keamanan Web 

Rumor keamanan tetap jadi perhatian semua pemilik web, baik website, toko online, atau web company profil. Kebanyakan orang ingin situsnya aman dari serangan hack, pencurian data, atau permasalahan keamanan yang lain. Berita baiknya, Google Search Console bisa menolong menjumpai permasalahan keamanan yang berlangsung di web Anda serta berikan teguran.

Dengan demikian Anda dapat melakukan perbaikan permasalahan keamanan bertambah cepat sebelum berlangsung beberapa hal yang membahayakan web Anda.

9. Submit Sitemap 

Anda dapat memberikan tambahan sitemap lewat Google Search Console. Sitemap berperan untuk menolong Google lakukan crawl di web Anda hingga Google dapat mengidentifikasi web Anda bertambah cepat.

Cara Menambahkan / Mendaftarkan Website Anda ke Google Search Console 

Di bawah ini 7 langkah memberikan tambahan wesbite ke Google Search Console:

  • Login Account Google
  • Membuka Webmaster Tools. 
  • Click Add Properti. 
  • Pilih “Website”. 
  • Pilih “Website” dari menu drop-down serta masukan URL web Anda. Yakinkan Anda tuliskan URL yang persis sama dengan URL yang tampil di browser. 
  • Click “Continue”. 
  • Pilih Langkah Verifikasi. Google Search Console sediakan cara-cara untuk verifikasi web, dari unggah file HTML, penyuplai nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satunya yang Anda kehendaki. 
  • Tambahkan Domain Dengan Terpisah. Bila web Anda telah memberi dukungan versi http:// dan https://, imbuhkan keduanya dengan terpisah. 

Untuk langkah lebih komplet tentang langkah verifikasi Google Search Console, Anda dapat ikuti tips di artikel Cara Install Domain Ke Hosting.

Cara Memakai Google Search Console 

Cara Memakai Google Search Console

Sesudah sukses memberikan tambahan web Anda di Google Search Console serta memverifikasinya, sekarang waktunya Anda mulai memakai Google Search Console. Berikut tips langkah memakai Google Search Console:

1. Mengenal Istilah-Istilah pada Google Search Console 

Sebelum mulai memakai Google Search Console, semestinya Anda mengerti istilah-istilah penting di tools ini.

Impression 
Tiap link URL ada pada hasil penelusuran dikatakan sebagai impression. Impression ialah keseluruhan timbulnya satu link URL pada hasil penelusuran. Walau link URL itu tidak di-click atau serta tidak disaksikan oleh beberapa pelacak, masih disebutkan impression.

Click
Saat pemakai mengeklik satu link serta keluar hasil dari penelusuran Google, itu dipandang seperti satu click. Bila pemakai mengeklik satu link lalu mendesak tombol “Kembali” serta mengeklik link yang sama, masih dikatakan sebagai satu click.

Klik Through Rate (CTR) 
CTR ialah Klik dibagi Impression selanjutnya dikali 100. Bila link Anda ada 20 kali pada hasil penelusuran serta memperoleh click sekitar 10 click, CTR-nya ialah 50 %.

2. Menentukan Country Targeting 

Bila web Anda membidik audience di negara tersendiri, Anda dapat memberikan instruksi Google untuk membidik negara yang Anda pilih. Triknya dengan buka Google Search Console versus lama serta pilih menu “Search Traffic” serta click sub menu “International Targeting”.

Pilih tab “Country” lalu tetapkan negara mana yang ingin Anda bidik. Pilih satu negara sasaran bukan bermakna web Anda tidak ada pada hasil penelusuran beberapa negara yang lain. Bila web Anda masih berkaitan di negara lain, pasti Google akan menampilkannya.

Memutuskan satu negara sasaran akan menolong Google untuk mengerti sasaran audience penting Anda. Dengan demikian Google akan memberi web Anda prioritas makin banyak di negara sasaran yang Anda tentukan.

3. Memberikan tambahan XML Sitemap 

XML Sitemap bermanfaat untuk memberikan info pada mesin perayap tentang semua halaman yang berada di web. XML Sitemap berperan untuk memberitahu mesin perayap link mana di web Anda yang lebih penting dari link yang lain.

Memberikan tambahan XML Sitemap ke web menolong mesin perayap untuk lakukan crawling di web Anda. Walau tidak dengan cara langsung tingkatkan rangking pada hasil penelusuran, menambahkan XML Sitemap menolong mesin perayap untuk mengindeks content di web Anda dengan efektif.

Anda dapat memakai plugin Yoast SEO atau Google XML Sitemap. Ingat, pilih salah satunya saja. Karena memakai keduanya dengan bertepatan akan membuat XML Sitemap Anda error.

Sesudah membuat XML Sitemap, Anda akan memperoleh link semacam ini:
https://pegetahuanseo.blogspot.com/sitemap_index.xml

Setelah itu mendaftar XML Sitemap itu ke Google Search Console. Membuka dashboard Google Search Console lalu click menu Sitemaps serta paste sisi paling akhir dari link di atas, yakni sitemap_index.xml. Selanjutnya click tombol submit untuk menaruh pergantian yang Anda kerjakan.

4. Sambungkan Google Search Console serta Google Analytics 

Menyambungkan Google Search Console & Google Analytics akan menolong Anda untuk menganalisa data dari Google Search Console di Google Analytics. Dengan demikian Anda dapat memperoleh sudut pandang baru tentang content serta keyword apa yang paling membuahkan.

Bila Anda belum menempatkan Google Analytics untuk web Anda, tak perlu cemas. Artikel Langkah Menempatkan Google Analytics akan memandu anda meng-install Google Analytics di WordPress.

Sesudah menempatkan Google Analytics serta Google Search Console, langkah setelah itu menyambungkan keduanya. Membuka dashboard Google Analytics selanjutnya click menu Admin di sudut kiri bawah. .

Sambungkan Google Search Console serta Google Analytics


Google Analytics akan tampilkan penataan untuk admin. Di penataan ini pilih menu “Property Settings” lalu click tombol “Adjust Search Console”. Selanjutnya Google Analytics akan bawa Anda ke Google Search Console serta tampilkan daftar semua web yang telah Anda imbuhkan ke Google Search Console. Pilih web yang ingin Anda sambungkan dengan Google Analytics lalu click tombol “Save”.

Property Settings

Usai! Sekarang Google Analytics serta Google Search Console Anda telah tersambung. Anda dapat lihat menu Search Console di Google Analytics lewat menu Acquisition.

5. Melakukan perbaikan Permasalahan Search Indexing 

Salah satunya feature paling bermanfaat dari Google Search Console ialah temukan serta melakukan perbaikan indexing error. Indexing error dapat memengaruhi rangking pada hasil penelusuran dengan yang dikarenakan oleh berhentinya kegiatan crawling serta indexing dari mesin perayap.

Anda dapat dengan gampang temukan error itu lewat menu Coverage > Index. Menu itu akan tampilkan halaman mana saja di web Anda yang telah terindeks oleh Google serta mana yang alami error atau memperoleh peringatan.

Google Search Console akan memberi info detil untuk pelajari error yang berlangsung serta aksi apa yang butuh dikerjakan untuk melakukan perbaikan. Di bawah ini ialah beberapa error yang seringkali didapati:

  • 404 Error : Error ini tunjukkan crawler dari mesin perayap telah ikuti link URL, tapi yang ada ialah 404 error. 
  • Soft 404 Error : Error ini berlangsung saat crawler mesin perayap memperoleh halaman 404 error, tapi status kode halaman menyampaikan pesan 200 (yang bermakna sukses) ke browser. 
  • Server Error : Ini tunjukkan server Anda alami time out ataukah tidak memberi respon. Error ini biasa berlangsung saat web memperoleh lalu lintas banyak sekali, sedang pemeliharaan, ataukah tidak ada sebab fakta lain. 
  • Not Followed : Error ini berlangsung saat Google tidak dapat mengerti type content di web. Content yang disebut bisa saja flash, javascript, iframe, atau yang lain. 

Berikut langkah menangani beberapa masalah di atas:

404 ERROR

Pertama, yang butuh Anda mengerti ialah tidak semua 404 error sama. Anda dapat meremehkan beberapa salah satunya serta cuma melakukan perbaikan yang betul-betul error saja.

Contohnya, bila Anda meniadakan satu website post serta tidak mau mengarahkan pengunjung ke website post lain, tidak jadi masalah untuk meremehkan 404 error seperti ini. Google selanjutnya akan lakukan deindex pada halaman ini bila terus-terusan temukan 404 error.

Namun bila Anda temukan halaman dengan 404 error serta ingin mengarahkannya ke artikel baru, Anda dapat lakukan redirect.

SERVER ERROR 

Server error di Google Search Console dikarenakan oleh beberapa fakta. Salah satunya yang seringkali didapati ialah server alami time out yang membuahkan error ataukah tidak ada benar-benar.
SERVER ERROR


Pakai Fetch as Google Bot untuk pastikan apa halaman itu betul-betul error. Bila Fetch as Google Bot tunjukkan halaman itu berjalan normal, Anda dapat meremehkan error itu.

6. Mengumpulkan Keywords Potensial 

Pengunjung web Anda hadir lewat beberapa jenis keyword. Pemilik web bisa optimasi content yang direncanakan untuk keyword tersendiri. Dengan demikian peluang untuk tampil di rangking paling atas hasil penelusuran dapat tambah tinggi.

Anda bisa lihat keyword apa yang terkenal untuk web Anda lewat tab “Performance”. Dibagian atas, Anda akan lihat grafik yang menunjukkan kapasitas web Anda pada hasil penelusuran. Di bawahnya, Anda dapat lihat data tentang keyword yang dapat difilter berdasar average position, impression, serta CTR.
Mengumpulkan Keywords Potensial

Anda dapat mengidentifikasi halaman serta keyword mana yang membuahkan banyak lalu lintas. Diluar itu, Anda dapat juga temukan keyword baru yang terkait dalam kata kunci penting content Anda.

7. Optimisasi Kata Kunci (Keywords)

Baiknya Anda dapat membuahkan lalu lintas tinggi dari semua keyword yang Anda bidik. Tetapi, masih mungkin ada banyak keyword yang Anda bidik tidak memberi hasil sesuai dengan harapan. Pasti Anda butuh mengidentifikasi keyword apa yang punya potensi membuahkan lalu lintas serta wajar dioptimalkan.

Berikut langkah temukan keyword mungkin yang butuh Anda optimisasi. Membuka menu “Performance” serta click simbol filter serta pilih filter “Position”. Filterlah keyword yang average position-nya semakin besar dari 7 lalu click “Done”.

Optimisasi Kata Kunci


Google Search Console akan tampilkan keyword yang mana web Anda tampil di average position 7 atau di atasnya. Click 2x di kolom “Position” untuk mengurutkan keyword berdasar tempat paling kecil ke tempat paling besar.

Optimisasi Kata Kunci


Anda akan temukan keyword yang meranking di tempat 7 sampai 30. Keyword ini masih kemungkinan besar untuk dioptimalkan supaya memperoleh tempat tambah tinggi pada hasil penelusuran Google.

Tidak hanya lihat tempat keyword, Anda pun butuh lihat impression yang didapat semasing keyword. Utamakan untuk optimasi keyword yang mempunyai angka impression yang semakin besar dahulu. Untuk memperoleh info selengkapnya, Anda dapat mengambil rangkuman data berbentuk CSV.

Baca Juga : Jenis Keywords dalam Search Engine Optimization (SEO)


8. Evaluasi Content 

Google Search Console dapat Anda gunakan untuk menilai beberapa konten yang telah Anda keluarkan. Anda dapat lihat kapasitas per halaman pada hasil penelusuran, tampil di keyword apa.
Untuk memeriksa kapasitas per halaman web, turuti langkah berikut: 

  • Membuka tab Performance 
  • Click Pages 
  • Pilih halaman web yang ingin Anda lihat kapasitasnya 
  • Lalu click tab “Queries” 
  • Kemudian, akan ada keyword yang membuahkan impression untuk halaman itu. 

Selanjutnya Anda dapat Belajar SEO untuk lengkapi info di artikel berdasar keyword yang membuahkan impression untuk halaman itu. Dengan demikian peluang halaman web itu untuk ada di beberapa keyword semakin besar. Artikel Anda akan makin kaya info yang sesuai apa yang dicari oleh beberapa orang di mesin perayap.

9. Mencari Sumber Backlink Berkualitas 

Tautan atau link adalah sisi penting dalam SEO. Mesin perayap jadikan link jadi salah satunya tanda untuk memastikan tempat satu halaman pada hasil penelusuran. Serta Anda dapat mengecek kapasitas eksternal link serta internal link web lewat Google Search Console

Untuk lihat laporan selengkapnya, click menu Links. Selanjutnya Anda akan lihat laporan kapasitas link untuk eksternal link serta internal link. Di point ini saya akan mengulas eksternal link terlebih dulu atau seringkali dikatakan sebagai back-link.

Mencari Sumber Backlink Berkualitas


Anda dapat lihat web mana saja yang telah memberi back-link ke web Anda lewat menu “Top Linking Sites”. Google Search Console akan tampilkan daftar web yang memberi link ke web Anda.

Click nama domain untuk lihat lebih detil halaman sasaran link web itu. Anda akan lihat berapakah halaman di web itu yang memberi link ke web Anda. Diluar itu, Anda dapat juga memperoleh info tentang halaman apa di web Anda yang direncanakan web itu.

Bila menurut Anda web itu cukup berkualitas untuk jadikan sumber back-link, Anda dapat cari content lain di web itu yang dapat ditanami back-link.

10. Tingkatkan Kualitas Internal Link 

Tidak hanya back-link, internal link penting juga untuk tingkatkan kualitas SEO Anda. Internal link menolong mesin perayap untuk mengerti kerangka serta jalinan antar halaman di web Anda. Mesin perayap dapat juga menjumpai halaman mana di web Anda yang sangat penting lewat internal link.



Google Search Console bisa menolong tingkatkan kualitas internal link web Anda. Click menu Links  Internal Link. Anda akan memperoleh laporan tentang halaman web mana saja yang memperoleh link dari halaman yang lain. Check halaman mana yang telah memperoleh banyak link serta mana yang masih membutuhkan internal link penambahan. 


Anda dapat juga mengecek lebih detil per halaman. Click simbol filter lalu pilih Target page. Selanjutnya masukan URL halaman yang ingin Anda naikkan kualitas internal link-nya. Kemudian Google Search Console akan tampilkan jumlahnya internal link di halaman itu. Bila jumlahnya internal link masih kurang, Anda dapat memberikan tambahan sesuai dengan keperluan Anda. 



Saat memberikan tambahan internal link, yakinkan Anda menyambungkan link yang betul-betul terkait dengan halaman itu. Ini dikerjakan supaya pembaca tidak merasakan bingung hingga membuat pengalaman pembaca yang baik. 

11. Meningkatkan Kinerja Website Di Mobile Perangkat (AMP) 

Sekitar 94 % pemakai internet Indonesia terhubung internet lewat piranti mobile. Itu kenapa Google mengutamakan situs-situs yang mobile friendly untuk memperoleh rangking tambah tinggi pada hasil penelusuran. 

Google Search Console sangat mungkin Anda untuk memeriksa kapasitas web di piranti mobile lewat feature The Mobile Usability. Bila Google Search Console tunjukkan error, Anda butuh melakukan perbaikan selekasnya sebab punya pengaruh pada rangking pada hasil penelusuran. Click laporan “Error” serta identifikasi permasalahan apa yang mengakibatkan error itu. Google Search Console akan memberi pendapat langkah apa yang butuh diambil untuk melakukan perbaikan error itu. 


Biasanya error yang berlangsung di Mobile Usability dikarenakan oleh topik yang tidak dikode secara baik atau plugin error. Oleh karenanya, Anda butuh waspada saat menempatkan topik WordPress. 

12. Gunakan Fetch As Google 

Fetch as Google sangat mungkin Anda tahu bagaimana Google lakukan crawling atau merender URL di web Anda. Anda dapat memeriksa apa Googlebot bisa terhubung web Anda serta tahu adakah gambar atau content yang dikunci oleh Googlebot. 

Untuk terhubung feature ini, Anda dapat buka Google Search Console versus lama serta pilih menu Crawl  Fetch as Google. Di versus paling baru, Anda dapat membukanya lewat menu Index  Coverage lalu click URL yang ingin Anda check. 

Gunakan Fetch As Google


Apa yang Anda mencari di Fetch as Google? Info sangat penting yang butuh Anda temukan ialah kode tanggapan yang diberi. Bila kode tanggapan yang diberi ialah 200, halaman itu bermakna baik-baik saja. Selanjutnya check waktu yang dibutuhkan Googlebot untuk mengambil halaman Anda. Bila waktu ambil melewati 1.5 detik, berarti Googlebot alami kesusahan lakukan crawling di web Anda. 

Gunakan Fetch As Google


Diluar itu, Anda dapat juga lakukan indexing secara cepat memakai Fetch as Google. Anda perlu masukkan URL serta click tombol Fetch. Bila Googlebot telah mengambil halaman itu, click tombol Request Indexing. 

13. Menghapus URLs Dari Hasil Penelusuran 

Sesudah rajin up-date website sepanjang lebih dari satu tahun, mungkin ada banyak content yang ingin Anda hapus. Sayangnya meniadakan content yang telah terindeks oleh Google cukup susah. Anda harus meniadakan URL itu dari indeks Google lewat Google Search Console. 
Menghapus URLs Dari Hasil Penelusuran


Membuka Google Search Console selanjutnya click menu Google Index  Remove URLs. Lalu click tombol “Temporarily Hide” serta masukan URL yang ingin Anda hapus. Feature ini cuma akan sembunyikan halaman web hasil dari penelusuran sepanjang 90 hari. Untuk menghapusnya dengan permanen, Anda harus meniadakan content itu dari web hingga ada peringatan 404 error

14. Menambahkan User

Bila Anda mengurus Google Search Console dengan berkelompok, Anda dapat memberikan tambahan beberapa user dengan gampang. Triknya ialah seperti berikut: 


  • Buka Google Search Console
  • Klik Menu Setting  Users and Permision 

Menambahkan User
  • Click Add User 
  • Masukan alamat e-mail pemakai yang ingin Anda imbuhkan 
  • Pilih type Permission yang akan Anda beri. 

Menambahkan User

  • Ada dua type permission, yakni full permission serta restricted permission. Full permission sangat mungkin pemakai untuk terhubung semua feature Google Search Console, terhitung memberikan tambahan pemakai baru. Restricted permission cuma sangat mungkin pemakai untuk lihat data, tapi tidak dapat memberikan tambahan pemakai baru. 
  • Pemakai akan memperoleh e-mail pemberitahuan serta dapat login lewat e-mail itu. 


Rangkuman

Demikian artikel tentang apakah itu Google Search Console serta langkah memakainya. Google Search Console mempunyai banyak faedah untuk perubahan web Anda. Dengan Google Search Console, Anda dapat memperoleh data tepat tentang keyword, keamanan, sampai kapasitas web pada hasil penelusuran. Jadi yakinkan web Anda tercatat di Google Search Console! 

Cara Daftar Google Search Console Cara Daftar Google Search Console Reviewed by Tentang SEO on Minggu, Oktober 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Buy Hosting Get Special Discount

DomaiNesia