Home Top Ad

Apa itu Hosting? Penjelasan Hosting Dan Kegunaannya

apa itu hosting

Pengetahuan seo - Website ,  Jika kamu ingin membuat web? Sebelum membuat web, kenalan dahulu yuk sama hosting. Memang, apakah itu hosting? Mengapa penting sekali harus tahu hosting? Jadi, ini. Membuat web itu sama dengan membuat rumah. Kamu harus mencari lahannya, memastikan alamatnya, dan sebagainya. Nah, jika hosting itu tempat yang akan kamu bangun jadi web nanti. Jadi, hosting kelak bisa menjadi tempat buat web kamu untuk menaruh semua data dari mulai photo, tulisan, video, musik, serta semua yang berada di web kamu.

Nah, jadi memahami kan apakah itu hosting? Saat ini, kenalan lebih jauh kembali yuk sama hosting. Kita akan mengulas mengenai peranan hosting, beberapa macam hosting atau type hosting.

Apa Itu Hosting? 

Hosting ialah tempat untuk menyimpan semua data-data yang berada di web kamu. Seperti yang kamu paham.kamu mengerti, web dapat berisi beberapa macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang susah, dan lain-lain. Jadi, waktu web kamu dibuka oleh orang lain, data-data yang berada di web kamu akan langsung dipertunjukkan.

Penting itu kamu harus punyai hosting. Tanpa ada hosting, data-data yang berada di web kamu tidak bisa dipertunjukkan hingga web kamu tidak dapat dibuka oleh netizen. Sebab data-data web kamu tidak punyai tempat untuk di taruh.

Jadi, jalurnya ini. Untuk buka web kamu, orang harus menulis alamat domain web kamu. Terus, domain barusan akan membimbing orang itu ke hosting yang telah dibuat web kamu.

Sudah paham kan apa itu hosting? Nah, saat ini kita cari info mengenai beberapa macam hosting yang ada saat ini.

Ada Berapakah Jenis Hosting Saat ini? 

Ada Berapakah Jenis Hosting Saat ini?

Masih memakai analogi tempat barusan, hosting ada juga beberapa jenis yang sesuai keperluan. Ada yang namanya shared hosting, dedicated hosting, VPS hosting, & cloud hosting. Pada intinya, pembagian jenis hosting didasarkan pada pemakaiannya. Ada satu hosting yang dipakai untuk satu web. Ada satu hosting yang dapat dipakai ramai-ramai. Ada pula satu hosting yang dapat dipakai ramai-ramai tetapi terasa punya sendiri.

Bingung kan? Agar kamu lebih jelas, yuk kita cari info bareng-bareng jenis hosting. 

Baca Juga : Website adalah ?

Shared Hosting : Rumah Kontrakan 

Shared hosting ialah hosting yang paling biasa ada. Lalu, apakah itu shared hosting? Shared hosting ialah satu hosting yang dibagi-bagi ke sejumlah web/klien. Pada prinsipnya, satu server/hosting yang ada kelak pembagiannya dipecah ke sejumlah klien supaya semua dapat saling menggunakan hosting.

Karena satu hosting digunakan untuk beberapa web/klien, karena itu biayanya relatif murah. Umumnya dengan 8 ribu rupiah kamu bisa beli hosting. Kok dapat semurah itu? Seperti rumah kontrakan, saat kamu menyewa satu rumah sendirian, maka berasa mahal. Tetapi jika kamu patungan dengan teman-temanmu, karena itu kamu dapat membagi ongkos sewa kontrakan dengan rata. Jadi tambah murah untuk seseorang. Hal semacam itu berlaku di hosting. Saat kamu gunakan shared hosting, ongkos sewa hosting kamu semakin lebih murah sebab satu hosting akan dibayar beberapa klien.

Sebab harga yang murah itu, umumnya beberapa pemakai shared hosting ialah blogger serta situs situs untuk portofolio. Jika kamu ingin jadi blogger atau minimum entrepreneur kecil, shared hosting ialah pilihan yang pas untuk kamu.

Dedicated Hosting : Rumah Pribadi 

Dedicated hosting ialah hosting satu digunakan untuk satu klien saja. Misalnya orang ingin membuat web yang trafiknya besar sekali, misalnya membuat e-commerce atau skema bikin internal perusahaan, karena itu ia perlu hosting yang spesial untuk situsnya serta dapat ia utak-atik sesuka hati.

Jadi, dedicated hosting ialah hosting yang ruangan penyimpanannya diperuntukkan spesial untuk satu klien saja. Keuntungannya jika gunakan dedicated hosting ialah kamu dapat memperoleh sumber daya yang luas serta bebas buat kamu pakai. Diluar itu, kamu tak perlu disibukkan dengan penataan server virtual, sebab server virtual telah ditata oleh penyuplai hosting.

Pokoknya, dedicated hosting ialah hosting untuk kamu yang ingin punyai tempat yang luas serta tidak mau repot mengendalikan hosting.

Lalu, untuk apa pemakaian dedicated hosting ini dapat efisien? Web apa dapat gunakan dedicated hosting. Tetapi, yang paling efisien memakai dedicated hosting ialah web untuk usaha besar. Bila kamu ingin membuat web untuk e-commerce atau marketplace, karena itu kamu harus gunakan dedicated hosting.

VPS Hosting : Tempat Kos 

Ingin punyai hosting pribadi tetapi dedicated hosting begitu mahal? Atau ingin dapat mengendalikan hosting sendiri tetapi shared hosting tidak memberi dukungan itu? Bermakna VPS hosting jawabannya. Lalu, bagaimana prinsipnya VPS hosting itu?

VPS hosting itu berada di tengahnya di antara shared hosting serta dedicated hosting. Jika dimisalkan, VPS hosting itu seperti rumah kos. Rumah kos itu mempunyai banyak kamar kos untuk disewa. Nah, kamu yang ingin menyewa tempat, perlu menyewa satu kamar saja. Tak perlu menyewa satu rumah keseluruhannya.

Sama dong seperti shared hosting? Ada perbedaannya, dong. Bila di shared hosting kamu cuma dapat menyewa tempat saja, tidak dapat ditata konfigurasinya. Di VPS hosting, kamu dapat mengendalikan pembagian sumber daya yang ada. Jadi, dapat sesuai dengan keperluan web kamu.

Tetapi, kamu harus berhati-hati ya jika ingin menggunakan VPS hosting. Karena kamu dapat mengendalikan sumber daya sendiri, bermakna kamu harus memahami langkah memakai VPS. Semestinya, langsung gunakan dedicated hosting atau cloud hosting jika kamu tidak mau disibukkan dengan VPS.

Umumnya, VPS hosting ini dipakai oleh blogger atau usaha menengah yang telah mempunyai lalu lintas banyak serta tidak dapat diatasi oleh shared hosting . Jadi, jika kamu ingin migrasi hosting dari shared hosting, kamu dapat coba VPS hosting dahulu. Tetapi, dalami dahulu selanjutnya masalah VPS ya agar kamu tidak bingung.

Cloud Hosting : Juragan Rumah 

Kemungkinan kamu tidakApa  asing sama cloud hosting, kan? Ya, cloud hosting memang jadi primadonanya hosting belakangan ini. Soalnya, web kamu semakin lebih jarang-jarang down jika gunakan cloud hosting.

Kok dapat? Soalnya, prinsip cloud hosting ialah web kamu disimpan di sejumlah server virtual. Jadi, saat satu server mati, server lainnya masih dapat hidupkan web kamu. Seperti kamu punyai banyak rumah. Waktu satu diantara rumah kamu rusak, kamu masih dapat tinggal di dalam rumah yang satunya. Enak, kan?

Nah, untuk kamu yang telah serius ingin membuat web, kemungkinan kamu dapat memakai cloud hosting jadi pilihan dari shared hosting. Dengan kekuatannya yang tidak mudah down, cloud hosting ialah pilihan yang pas.

Rangkuman 

Nah, itu barusan pemahaman dari apa itu hosting. Tidak susah kan? Sebetulnya, kamu tak perlu memahami semua type atau jenis hosting di atas. Minimal kamu telah punyai deskripsi saat ingin membuat website ingin gunakan hosting apa. Seterusnya, kamu dapat bertanya pada penyuplai layanan hosting yang pas untuk kamu seperti Domanesia. Jadi, ingin buat web kapan?

Kunjungi juga situs lain nya di "Dewa komputer - informasi teknologi".

Apa itu Hosting? Penjelasan Hosting Dan Kegunaannya Apa itu Hosting? Penjelasan Hosting Dan Kegunaannya Reviewed by Tentang SEO on Kamis, Desember 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Buy Hosting Get Special Discount

DomaiNesia