Home Top Ad

Cara Merubah Domain Dari Blogspot Menjadi Domain Pribadi Menggunakan Hosting Domainesia

Cara Mengganti Domain Dari Blogspot Menjadi Domain Pribadi Menggunakan Hosting Domainesia

Pengetahuan seoWebsite , Custom domain adalah satu diantara hal yang seringkali sekali ditanyakan oleh beberapa konsumen. Banyak tips Kami yang mengulas tentang langkah custom domain Blogspot, Tumblr atau Weebly. Nah, pada tips kesempatan ini akan diulas tentang Cara mengganti domain dari blogspot menjadi domain pribadi menggunakan hosting domainesia. Ingin tahu caranya? Let’s cek it out!

Apa itu Custom Domain ke Blogspot di cPanel Hosting? 

Nah, umumnya custom domain dikerjakan buat anda yang ingin mengubah nama situsnya dengan domain sendiri. Contohnya pengetahuanseo.blogspot.com jadi pengetahuanseo.com. Atau pengetahuanseo.tumblr.com jadi pengetahuanseo.net dan lain-lain. Custom domain sebetulnya bisa dikerjakan cuma dengan bekal domain sendiri serta account blogspot, tumblr atau weebly saja. Sebab basis blogging itu sudah sediakan server mereka untuk di”pinjam” tiap user. Hingga buat user yang tidak mempunyai hosting, bisa memakai tempat mereka. Tetapi, hal itu tentunya memilki kekurangan. Yakni, anda tidak bisa lakukan kustomisasi serta penataan dengan bebas. Nah, buat anda yang mempunyai hosting sendiri, tentunya bisa lakukan custom domain ke blogspot di cPanel Hosting dengan gampang.

Bagaimana Cara Custom Domain ke Blogspot di cPanel Hosting? 

Mengenai yang butuh disiapkan dalam lakukan custom domain ke Blogspot di cPanel yakni username serta password cPanel, account Klien Ruang (https://my.domainesia.com), dan account Blogspot. Karena itu, proses pengaturannya ada juga di 3 tempat yang berlainan. Di halaman "Client Area", "Dashboard cPanel", & "Dashboard Blogspot.com". Pada prinsipnya hampir serupa dengan Panduan Custom Domain TLD Lewat Client area . Bedanya cuma terdapat pada pergantian name server serta menambahkan record DNS nya saja yakni lewat cPanel Hosting. Mengenai triknya, silakan turuti tahap by tahap di bawah ini.

1. Login Client Area (my.domainesia.com) 

Login Client Area

Langkah awal yakni, membuka https://www.domainesia.com/ pada situs browser. Lalu masukan username serta password anda. Username & password ini adalah account anda saat mendaftarkan di DomaiNesia sebelum pembelian domain atau hosting.

2. Mengarahkan Name Server ke DomaiNesia 

mengarahkan name server ke domainesia

Sesudah sukses login, karena itu anda akan ditempatkan ke halaman klien ruang. Untuk mengarahkan name server silakan pilih Menu "Domains" di bagian sidebar (samping kiri) selanjutnya pilih domain yang diharapkan. Silakan berikan sinyal contreng serta click domain itu.

mengarahkan name server


Kemudian silakan click tab Nameserver. Yakinkan anda sudah pilih DomaiNesia Hosting Nameservers dengan memakai ns1.domainesia.netns2.domainesia.net.

3. Login Ke cPanel 

Login Ke cPanel

Sesudah Name Server usai dirubah, selanjutnya yang perlu anda kerjakan ialah login ke cPanel. Login cPanel bisa lewat https://namadomain/cpanel, sesuai dengan e-mail yang dikirim dari DomaiNesia tentang Info Akun Hosting.

4. Memilih Menu Zone Editor 

Memilih Menu Zone Editor

Sesudah sukses login, silakan catat “zone editor” pada form penelusuran. Selanjutnya silakan click Zona Editor. Zona editor berperan untuk pengendalian DNS record nanti.

5. Menambahkan A Record di cPanel 

Menambahkan A Record di cPanel

Nah, tahap ini adalah hal yang penting sebab anda harus mengarahkan IP Address Blogspot/ Blogger ke domain yang anda punya. Silakan click "Kelola" pada domain

Selanjutnya click "Tambah Record".

menambahkan A record


Masukan A record lalu isikan hostname serta IP address dari Blogspot. Pada kolom Nama berisi nama domain yang anda punya. Mengenai untuk IP address, datang dari blogger/ blogspot sendiri yakni,
216.239.32.21 
216.239.34.21 
216.239.36.21 
216.239.38.21 
Selanjutnya click "Tambah Record".

menambahkan a record dan ip


Isikan satu-satu hingga terlihat seperti gambar berikut.

name record nama domain

Note : Makesure tidak ada A record lain pada domain utama selain ke IP Address dari Blogger. Jika ada A record yang mengarah ke hosting, silahkan anda menghapus terlebih dahulu.

6. Melakukan Pengaturan di Account Blogspot 

tahap selanjutnya, membuka tab baru pada browser, tuliskan www.blogger.com. Selanjutnya login memakai account blogger anda. Pilih Setelan selanjutnya click "Setelan". Click "Dasar" di bagian Alamat Website click tulisan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda.

Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda


Tulis nama domain yang sudah didaftar pada A record barusan. Contohnya www.pengetahuanseo.com. Lalu click "Simpan". Jika ada error dari pihak blogspot yakni “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini“. Kenapa itu bisa terjadi? Ini karena domain yang anda tulis belum dilakukan sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk lakukan penyelarasan, ada host unik dan record unik dari google yang perlu di masukan ke penataan domain.

kode unik blogger dari google

7. Menambahkan CNAME Record di cPanel

tahap selanjutnya dalam lakukan custom domain ke Blogspot di cPanel yakni memberikan tambahan CNAME Record di cPanel. Membuka cPanel lalu pilih Menu Zona Editor . Lalu click Atur serta imbuhkan CNAME Record.

  1. Catat nama domain pada kolom hostname (contohnya www.pengetahuanseo.com) serta pada kolom Record isikan ghs.google.com. Yakinkan untuk pilih type record CNAME. Selanjutnya click "Tambah Record".
    menambahkan record CNAME

  2. Masukan host unik & record unik dari google lalu click Tambah Record. Janganlah lupa untuk pilih type CNAME record.
    Catatan : Setiap account mempunyai host unik & record unik yang berbeda. Jadi, yakinkan copy-paste sesuai yang tercantum di account blogger anda!
    cname record

Note : Makersure anda telah menambahkan 4 A Record yang berisi 4 IP address dari blogger dan 2 CNAME record!


8. Masukkan Kembali Domain/ URL Pihak Ke-3

Sesudah penataan barusan anda imbuhkan semua, hal seterusnya yakni silakan login ke blogger.com . Selanjutnya masuk 'Setelan', pilih 'Dasar'. Di bagian Alamat Website click 'Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda'. Masukan kembali nama domain seperti Tahap ke-5. Kemudian pilih 'Simpan'. Karena itu alamat website sudah beralih sesuai dengan nama domain yang anda beri.  Dan yakinkan tidak ada error seperti barusan ?

9. Menunggu Proses Resolving DNS & Up-date Configuration

Reminder, untuk proses custom domain ke Blogspot di cPanel ini memakan waktu kira-kira 24 jam untuk resolving DNS serta up-date komposisi.
Note. Jika sudah sukses tersambung, anda akan dihadapkan dengan pilihan peralihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Remember, jangan lupa untuk memberi tanda centang pada menu www.

Baca juga : Apa itu hosting? penjelasan hosting dan kegunaannya

Closing

Demikian cara untuk mengganti domain dari blogspot menjadi domain pribadi menggunakan hosting domainesia. Anda harus mengarahkan name server ke DomaiNesia, masukkan A record dan CNAME record dari Blogspot lewat cPanel. Maka, setelah itu url website anda yang sebelumnya bernama *.blogspot.com sekarang sudah berubah menjadi nama domain yang anda inginkan. . Terima kasih ,semoga bermanfaat.
Cara Merubah Domain Dari Blogspot Menjadi Domain Pribadi Menggunakan Hosting Domainesia Cara Merubah Domain Dari Blogspot Menjadi Domain Pribadi Menggunakan Hosting Domainesia Reviewed by Tentang SEO on Jumat, Desember 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Buy Hosting Get Special Discount

DomaiNesia